Pengalaman Membeli HP dari Luar Negeri (Aliexpress) – Part 2 (Update 2019)

by - August 09, 2016

Pada artikel sebelumnya saya sudah coba membahas boleh tidaknya membeli HP dari luar negeri (LN), cara pembelian dan cara pembayarannya. Tidak terlalu sulit kan? Ohya, sebelumnya saya sedikit menyarankan untuk tidak coba2 pesan tapi terus gak bayar ya. Kasihan penjualnya kena PHP, karena memang sistem di Aliexpress ini penjual akan tahu apabila kita melakukan order meskipun belum dibayar, jadi nanti ada kemungkinan kita di inbox sama penjualnya.
Di artikel kali ini saya akan coba membahas mengenai pengiriman, bea masuk dan pajaknya. Dalam hal ini berdasarkan pengalaman saya saja ya, yang mungkin masih nubie gak begitu ngerti soal ekspor impor. Bagi temen2 yang lebih tahu mungkin bisa memberikan koreksi bila ada kekhilafan.
Bahasan pertama adalah mengenai jasa pengiriman.
Untuk pilihan pengiriman, biasanya penjual memberikan pilihan pengiriman gratis dan berbayar. Pengiriman yang berbayar kebanyakan menggunakan perusahaan swasta seperti DHL, Fedex, UPS, dll. Ada pula EMS, tapi untuk EMS ini perlakuannya hampir sama dengan yg free shipping,akan dijelaskan nanti.
Keuntungan menggunakan pengiriman berbayar menurut saya adalah waktu pengirimannya yang cepat (kalau lancar biasanya 3-7 hari), jika ada pajak dll kita tidak usah susah2 ngurus, tinggal terima beres dan bayar, serta kemudahan dalam melakukann tracking kiriman. Sedangkan kekurangannya adalah biayanya yang mahal, selain biaya kirimnya sendiri yang mahal, akan ada biaya tambahan untuk handling fee, pengurusan dokumen, dll. Yah, meskipun memang ada harga ada kualitas sih. Dan selain itu, karena kita tinggal terima beres saja dan proses di bea cukai sudah clearance. Kita tidak bisa mengajukan keberatan apabila ternyata perhitungan bea masuk dan pajak yang dilakukan oleh bea cukai terjadi kesalahan atau tidak sesuai.
Selanjutnya adalah free shipping, untuk jenis pengiriman ini biasanya memakan waktu yang lama sekitar 15-60 hari, pengalaman saya sih paling cepet 2 minggu (15 hari) dan paling lama sekitar 30 hari. Selain itu sistem trackingnya kadang2 kurang bagus, ada yg bisa di tracking online realtime sampe pesanan datang tapi ada juga yg gak bisa ditracking ketika barang sudah sampe di Indonesia, harus manual via Kantor Pos. Ohya, perlu diketahui untuk free shipping ini, ketika sampai di Indoensia, semua paket akan dioper ke Kantor Pos Indonesia. Keuntungan menggunakan free shipping ini adalah gratis tentunya, dengan gratisnya biaya kirim pasti juga akan mengurangi jumlah pajak yang harus di bayar. Kemudian, apabila kita merasa pihak bea cukai melakukan kesalahan dalam perhitungan pajak (misalkan harga pembanding yang mereka cari terlalu besar dibandingkan dengan invoice kita) kita dapat melakukan keberatan, karena proses di bea cukai memang belum clear. Cara mengajukan keberatannya dapat datang langsung ke kantor bea cukai yg menangani paket kita atau ketika Pak Pos mengirimkan barang ke alamat kita. Lebih enak yg mana? Saya kurang tahu karena saya belum ada pengalaman untuk hal ini.
Terakhir yaitu EMS, karena saya belum pernah menggunakannya, ini hanya saya rangkum dari yg pernah saya baca saja. Untuk EMS ini punya keunggulan seperti DHL dkk, seperti kecepatan (meskipun  gak secepat mereka) dan sistem tracking yang bagus. Sekaligus memiliki keunggulan dari free shipping, yaitu kita dapat mengajukan keberatan apabila menurut kita perhitungan dari pihak bea cukai kurang benar. Untuk harga, sepertinya ada di bawah DHL dkk. Mungkin lain kali saya akan mencobanya (kemarin mau nyoba ini sebenernya, tapi pihak seller tidak menyediakannya, akhirnya nyoba DHL)
Panjang juga ya. Lanjut aja deh ya. Kali ini kita bahas mengenai bea masuk dan pajaknya (khusus untuk HP saja ya?)
Ada tiga komponen dalam pembayaran bea masuk dan pajak, yaitu Bea Masuk itu sendiri, Pajak Pertambahan Nilai atau PPN dan Pajak Penghasilan atau PPh.
Update Terbaru
Update terbaru terkait peraturan barang impor ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 112/PMK.04/2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan nomor 182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.

Di peraturan yang terbaru tersebut disebutkan pada pasal 13 ayat (1) bahwa batas nilai barang kiriman yang memperoleh pembebasan bea masuk adalah selama tidak melebihi $75. Di ayat (1a) nya dipertegas lagi bahwa nilai $75 tersebut adalah batas nilai per hari, jadi apabila dalam satu hari kita memiliki beberapa paket yang nilai totalnya lebih dari $75, tetap akan dikenakan pajak (meskipun nilai per masing-masing kiriman di bawah $75).

Penerapannya pun sedikit berbeda, di peraturan yang terbaru, apabila nilai barang tersebut di atas $75, maka pajak dan bea masuknya dihitung berdasarkan nilai barang tersebut, tidak lagi dikurangi dengan $75 terlebih dahulu. Jadi, kalau kita membeli smartphone dengan harga $100 misalnya, pajak dan bea masuknya ya dihitung dari nilai $100 tersebut, tidak lagi $25 ($100-$75).

Selain itu, terkait bea masuk, sepertinya sekarang semuanya dikenakan bea masuk apabila nilai barang di atas $75 seperti yang tertuang pada pasal 20 ayat (1) dengan tarif 7,5%. Dan untuk Pajak Penghasilan (PPh) dalam rangka impor juga meningkat tarifnya menjadi 10% apabila memiliki NPWP dan 20% apabila tidak memiliki NPWP. Saya belum menemukan aturannya terkait PPh ini, tapi saya cuma baca di sini. Kalau sudah nemu aturannya nanti saya coba update lagi. Sekarang kita ke contoh perhitungan.

Contoh Perhitungan:
Saya membeli Smartphone seharga sebesar $159 dengan biaya kirim $17 dan biaya asuransi $2. Kurs yang digunakan misalnya Rp14.000 dan saya tidak memiliki NPWP. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

  1. Harga Barang Kena Pajak = $159
  2. CIF = $159 + $17 + $2 = $178
  3. CIF = $178 x Rp14.000 = Rp2.492.000
  4. Bea Masuk = 7,5% x Rp2.492.000 = Rp186.900
  5. PPN = 10% x Rp2.492.000 = Rp249.200
  6. PPh = 20% x Rp2.492.000 = Rp498.400
  7. Total Pajak yang harus dibayar = Rp186.900 + Rp249.200 + Rp498.400 = Rp934.500
Ket: CIF adalah Cost, Insurance and Freight atau gampangnya yaitu Harga Barang + Asuransi + Biaya Kirim.

Jadi, apabila kita membeli smartphone dengan harga $178 atau $2.492.000, pajak yang harus kita bayar dalam rangka import kira-kira sebesar Rp934.500. Lumayan juga ya sekarang pajaknya. Kayaknya kalo sekarang mending beli yang resmi aja kalo nilai pajaknya cukup besar seperti itu.

Contoh di bawah ini sudah tidak berlaku lagi
Terus, bisa gak kena pajak gak? Bisa, asalkan harga barang yang dibeli tidak lebih dari $50, bebas bea masuk maupun pajak-pajaknya. Kalau di atas $50 dollar maka akan dapet potongan $50 dollar sebelum dihitung pajaknya. Kalau beli HP seharga $200 terus di invoicenya ditulis MP4 Player dan harganya $40 kena pajak gak? Bisa tetep kena, bisa gak. Tetapi kemungkinan besar akan kena, karena pihak Bea dan Cukai punya kewenangan untuk membuka paket kiriman dari LN. Lagian packaging untuk HP biasanya lumayan gede untuk alasan keamanan, jadi agak mencurigakan juga MP4 Player ato apalah seharga $40 dengan packaging seperti itu. Dan juga pengawasan di bea cukai sekarang sudah sangat ketat. Saya pun tidak menyarankan hal tersebut karena hal tersebut jelas melanggar aturan.
Sekarang mari ke contoh perhitungannya menggunakan pembelian Meizu M3S saya. Saya membeli Meizu M3S tersebut sebesar $159 dengan biaya kirim $17 menggunakan DHL. Tetapi ternyata pihak Bea Cukai menggunakan harga pembanding yang mereka dapatkan, yaitu $200. Saya memiliki NPWP tetapi pihak DHL tidak melampirkan NPWP saya padahal saya sudah mengirimkan NPWP saya via email ke pihak DHL. Jadi, harga yang dipake adalah $200, biaya kirim $17, asuransi $2 dan saya dianggap tidak memiliki NPWP. Kurs yang digunakan saat itu Rp13.152. Perhitungannya adalah sebagai berikut :
  1. Harga Barang Kena Pajak $200 – $50 = 150$
  2. CIF = $150 + $17 + $2 = $169
  3. CIF = $169 x Rp13.152 = Rp2.222.688
  4. Bea Masuk 0% = Rp0
  5. PPN = 10% x Rp2.222.688 = Rp222.268
  6. PPh = 15% x Rp2.222.688 = Rp333.403
  7. Total Pajak yang harus dibayar = Rp222.268 + 333.403 = 556.091
Dan total yang harus saya bayar plus biaya2 dari DHL adalah Rp645.000. Meskipun menurut saya perhitungan tersebut tidak benar karena harga barang sebenarnya adalah $159 dan saya punya NPWP yang seharusnya tarif PPhnya 7,5%, tapi karena proses di bea cukai sudah selesai sehingga saya dianggap menyetujui dan males mau ribut2 soal NPWP (udah keburu2 soalnya), yasudahlah saya bayar saja itu semua. Dan sepertinya, saya harus mencoba jasa EMS atau free shipping untuk melakukan pembandingan. HP yang pengen dibeli sih ada, tapi uangnya dari mana itu yang masih misteri, haha. Ato ada yg mau bayarin ZUK Z2 yang sudah saya Place Order kemarin? Sellernya udah inbox saya nih. Saya terima dengan senang hati kok.
Gimana? Gampang kan belanja HP dari LN. Kesimpulan kali ini, bagi temen2 yang mementingkan kecepatan dan tidak masalah soal uang, pakelah jasa perusahaan swasta seperti dhl dkk. Tapi bagi kalian yang mungkin seperti saya, yang penting sampe aja deh, lama juga gpp, cobalah EMS atau Free Shipping saja.

You May Also Like

117 comments

  1. Zuk z2 nya kena berapa gan? Plus pajak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kurang tau ane gan. itu cuma buat contoh aja gan, gak ane bayar.

      Delete
    2. Oiii k*mpret ente bilang jngn main order aja, kasiaaan nohh sellernya!!! Btw thanks! Infonya bner2 brmanfaat, ane ada rencana bwt bli laptop dri cina yg lowspec, hrganya d ali itu $150 an brarti ane hrus nyiapin uang krng lbih 2 juta ya? Ama hrus pnya modal sabar?

      Delete
    3. Kalo beli hp yg 4g di LN di indo sendiri bisa di pake apa ngk ya 4g nya? Terimakasih

      Delete
  2. Kalau boleh tau si DHL nya dapat harga pembanding dr mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu juga saya, yang nyari harga pembanding juga kurang tahu apakah DHL atau pihak Bea Cukai. Mungkin browsing di Internet nyari harganya.

      Delete
    2. Beacukai lah yg cri harga pembanding.

      Delete
  3. gan itu kita dapat invoice untuk bayar pajak beacukai ke dhl nya lwat apa? apakah barang ditahan dhl kalo kita belum bayar bea cukainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapetnya pas kita ambil barang atau pas barangnya dianter. Kalo gak bayar, barangnya ditahan sama dhl gan, soalnya pajaknya udah ditalangi dulu sama dhl.

      Delete
    2. Kalau yang freeshipping gimana gan bayar pajaknya lewat mana...soalny hp saya sudah 2 minggu di beacukai, pembelian lewat aliexpress....mohon infonya ya gan...

      Delete
    3. Kalo freeshipping (menggunakan chinapost,singpost dll kecuali EMS)itu paket ada di BC Pasar baru. Jdi silahkan menghubungi Pihak BC terkait.

      Delete
  4. Saya biasanya Belanja kosmetik dan sejenisnya dari Korea, Jepang, China dari Qoo10 sama shopee. Pake free shipping pastinya. Nih liat di Aliexpress tergiur pengen beli Xiaomi, tapi kok rerata feedback nya ada masalah di firmware atau bahasa gitu, gak ngerti sih apa itu firmware. Jadi ragu mau beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Xiaomi mending beli di sini gan. Di toped ato bukalapak, yg garansi distributor harganya ane rasa malah lebih murah daripada beli di luar.

      Delete
    2. Yaahh,,padahal minatnya bli hp LG gan d aliexpress sekitar $200an. Kira² kalau bli di ali express apa jaringannya bisa nangkap ya klo pake provider indo ?

      Delete
    3. Kalau versi global mungkin bisa gan

      Delete
  5. gan, kabarnya Berdasar pengumuman/sosialisasi peraturan baru PMK 182/PMK.04/2016 yang dikeluarkan tgl. 14 Desember 2016, nilai bebas pajak kiriman dari luar negeri yang semula USD 50 berubah menjadi USD 100.
    Nah jadi kalo mau beli HP di aliexpress harga 97 USD, apa kena pajak juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya baca2 sih memang pembebasannya naik jadi USD 100, jadi ya seharusnya bebas pajak kalo berdasarkan peraturan yang baru. Tapi itu sepertinya berlaku tahun depat. Di PMKnya disebutkan berlaku setelah 60 (enam puluh) hari terhitung sejak tanggal diundangkan. Dan PMK itu diundangkan tanggal 29 November 2016.

      Untuk lebih jelas dan yakinnya coba tanyakan ke pihak Bea dan Cukainya saja :)

      Delete
    2. Penerapan atas pembebasan Bea Masuk 100USD mulai diterapan dilapangan tgl 27 April di BC Soetta & Pasar Baru. Info lebih detail https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=250921912001558&id=230440047383078

      Delete
  6. Saya order hp harga $80
    Kena pajak cuman 82k

    Tapi saya hitung lewat cara diatas kok 97k ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu juga ane gan, coba deh tanya pihak bea cukai ngitungnya gimana. Mungkin nilai taksirannya bukan $80. Malah bagus kan lebih murah, he.

      Delete
  7. Iya tapi 2015 kemaren juga pernah beli tablet harganya juga $80
    Tapi kena pajak 150k

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap dapet estimasi pajak yang harus dibayar coba deh dicek detailnya gan, pihak bea cukai menaksir barang kita berapa, PPh nya 15% atau 7,5%. Kalo memang tidak sesuai dengan perhitungan ya protes aja.

      Delete
  8. Makasih sharingnya Gan.. Mau nanya nih Gan untuk pengiriman smartphone dengan menggunakan jasa kiriman DHL selain biaya bea masuk barang dan pajak bea cukai biasanya dikenakan biaya tambahan apalagi ya?Selain itu untuk pengiriman handphone apakah ada tambahan biaya untuk handling baterai lithium Ion yang terdapat dlm smartphone? Mengingat kalau tdk salah ada peraturan IATA yg terbaru 2017 terkait pengiriman baterai Lithium. terima kasih pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake dhl biasanya ada biaya handling, pengurusan dokumen, dll gan, biasanya sih seratus ribuan tapi bisa lebih. Kalo untuk baterai lithium ane kurang paham gan dan belum update tentang peraturan itu gan.

      Delete
  9. Bos kalau pakai free shiping itu kita terima barang dan bayar pajak ditempat tujuan kirim kan? Atau kita mesti ke kantor pos/kantor pajak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman orang2 di sekitar saya sih, kalau ada pajaknya biasanya kita mesti ke kantor posnya. Kalau bebas pajak ya langsung dikirim ke rumah.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Gan tau barang itu kena pajak nya berapa dari mana gan??,
    Apa Pajak Bea nya sudah di tambahkan dengan harga barang saat saya beli yang hendak di bayar?
    Atau tiba2 ada tagihan pajak Bea saat barang datang dan tidak tau berapa nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba main2 ke websitenya bea dan cukai gan, di situ kayaknya ada informasinya kok. Ada peraturannya juga, tiap barang beda2.
      Kalau untuk HP, bea masuk 0% dan PPN 10% + PPh 15% atau 7,5%.
      Kalau mau hitung pajaknya ya tinggal dikalikan harga barang yang kita beli. Untuk harga barang yang dibeli biasanya belum termasuk pajak dan bea. Pajak dan Bea diberikan ketika sudah memasuki wilayah Indonesia, dan itu dilakukan oleh pihak Bea dan Cukai dan diteruskan ke pihak Pos Indonesia atau Perusahaan Jasa Kiriman Swasta. Nanti biasanya ada pemberitahuan kok dari Pos atau Perusahaan Jasa Kiriman besar pajak dan beanya.

      Delete
  12. Gan, misalnya kan ane beli di AE itu harganya murah, tapi sama bea cukai ditaksir lebih dari yang kita beli. Bagaimana tuh kita bisa banding dan kebagian mana kita bandingnya ke bea cukainya, apakah ada kontak terhadap layanan? Serta bea cukai mana yang harus kita hubungi untuk banding pajak yang terlalu mahal/tinggi karena ditaksir harganya melebihi harga yg sebenarnya kita beli sehingga pajaknya tinggi dan malah harga jadi lebih mahal daripada beli di Indonesia sendiri.
    Terima kasih gan mohon pencerahan dan infonya... :)

    ReplyDelete
  13. Gan, biasanya pihak bea cukai itu periksa HP sampe segel dusboxnya dibuka dan dilihat isinya atau sampe dilihat dusboxnya aja ya..??

    ReplyDelete
  14. Mau nanya gan.kalau misalnya pengiriman gratis,kita lampirkan npwp kemana ya gan

    ReplyDelete
  15. Kemarin sy order alat pancing dr cina 225K (free shiping), cm disuruh bayar 20K aj oleh pihak POS. Rencana mau order Experia Z5 bln depan(free shiping jg hehe..), harganya 7jt'n sih, kl di Indonesia bisa 8jt'n lebih, bakal kena cukai berapa ya? Bimbang jadinya...

    ReplyDelete
  16. Kalau pakai yang freeshipping, pajaknya bayarnya kemaana ya? Soalny saya beli hp dari aliexpress juga, sekarang ketahan di beacukai....apa kita harus telepon dulu? Soalnya sudah 2 minggu takut barangnya hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih di kantor pos gan, nanti dapat surat dari kantor pos kalo barang sudah dapat diambil di kantor pos yang sudah ditentukan. Nanti tinggal ambil dan bayar pajak di sana.

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Wahh sangat menarik.
    Saya niat beli tablet dr China seharga $159, kira2 pajaknya berapa ya, tablet sama HP perhitungannya sama atau beda gan. Terima kasih

    ReplyDelete
  19. Bebrapa tahun yang lalu pernah beli HP di Aliexpress merk Zopo. Malah sampai beli 2 karena buat istri juga. Pengiriman lewat DHL, memang cepat dan pajak dibayar di DHL. Masalah kemudian timbul karena HP tersebut bermaslah dengan sinyalnya, jadi lama2 ga bisa dipakai juga dan tidak ada yang bisa memperbaiki di sini karena tidak ada spare part. Saran saya sih kalau beli dari luar lebih baik baramg yang tidak terlalu penting garansi atau tidak seperti earphone, speaker dll. Kalau HP kayaknya agak riskan. Kecuali kalau merk tsb ada di Indonesia, peluang buat dapat spare part pengganti jadi lehih besar. Itu pendapat saya sih..

    ReplyDelete
  20. Gan, kalau alat pancing gimana ya perhitungan pajak nya? Apakh kena bea masuk juga? Misalnya harga barang USD140

    ReplyDelete
  21. Mantap gan
    lebih murah memang kalau dari web luar di banding di indo

    ReplyDelete
  22. Gan mau nanya saya beli hp di aliexpress harganya 165 dolar, berarti kena pajak yah, itu nanti nyampe indonesianya diambil dan bayar pajaknya via kantor pos daerah saya kan bukan kantor pos pusat?, alamat saya beda sama yang di KTP pas ngambil dikantor pos dipersulit gak ya? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harusnya sih kena pajak.
      Kalo masalah pengambilan dan alamat bisa ditanyakan langsung ke pihak posnya biar lebih valid.

      Delete
  23. Saya ingin beli hp ulefone power 2 dsri cina seharga $167.99,,,apakah di kenakan pajak ..menggunakan free shipping ... Mohon pengalamannya bagi yg suka beli barang dari luar,, soalnya saya baru pertama kali

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  24. Saya ingin beli hp ulefone power 2 dsri cina seharga $167.99,,,apakah di kenakan pajak ..menggunakan free shipping ... Mohon pengalamannya bagi yg suka beli barang dari luar,, soalnya saya baru pertama kali

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena pajak itu... sekitar 200-300 ribu..
      jadi pas barang datang...pak posnya bakal nagih,,,

      Delete
  25. Gan, didalam paket aliex apa dilampirin printout invoice agan yg $159 ntuh? ane mau pesen hp LeEco, mau minta lampirin printout invoice, biar pihak BC gak repot2 cari pembanding harga.

    ReplyDelete
  26. sepertinya belanja di aliexpress cukup menarik untuk dicoba. makasih infonya mas.

    ReplyDelete
  27. Skg klo maw beli perintilan di bwh $10 aja AE, di mintain biaya lalu di kantor pos sbsr 20rb. Hadeeehhhh....

    ReplyDelete
  28. gan mau tanya aku dapat kiriman dari temen HP ipin pakai DHL dari malaysia...kira kira paling cepet berapa hari dan paling lama barapa hari yah DHL itu...ini udah 10 hari belum nyampe aku tracking masih di clearance event.. jadi khawatir ada masalah atau gimna..
    trus satu lagi kira kira kena pajak berapa kalau harga barangnya 8jt rupiah. terima kasih

    ReplyDelete
  29. http://bcjakarta.beacukai.go.id/kalkulator-bea-masuk-dan-pajak-impor.html

    ReplyDelete
  30. Ada 7 tahun saya jadi tki di singapura akhirnya impian saya tercapai untuk pulang ke indonesia,terima kasih MBAH SERO atas bantuannya,saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga di kampung,karna melalui jalan togel sekarang saya bisa sukses,ini semua berkat bantuan MBAH SERO yang memberikan angka 4d bocoran singapura,alhamdulillah dapat 250 juta,saya sangat bersyukur kebun orang tua yang dulunya di gadai buat biaya saya untuk berangkat kesingapura,kini sudah saya tebus kembali,tanpa bantuan beliau mungkin belum bisa saya pulang kampung,terima kasih banyak MBAH SERO jasa-jasamu tidak akan saya lupakan,bagi saudarah2 di indonesia maupun di luar negeri butuh bantuan,apalagi yang terlilit hutang silahkan tlpn atau sms di nomor 082 370 357 999 atas nama MBAH SERO,beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberkan hasil,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya,inilah kisah nyata dari saya ibu irma tki singapura..

    ReplyDelete
  31. Gan kalau kita beli beberapa baranh dari penjual beda kan pasti di kirimnya barangnya kapisah. Itu perhitungan pajaknya per barang apa gimana? Karena ada 3 barang di bawah $50 sama 2 barang di atas $50. Semuanya nyediain free shipping sih

    ReplyDelete
  32. Maaf sy newbie kurang ngrti maksud admin, kan klo beli di aliexpress yang kita bayar sudah di hitung plus ongkirnya misal 17$ (admin). Trus klo barang udh di indo apa kita harus bayar lagi 17$ atau kita cuma bayar sisanya yang 2%+10%15%? Sy bingung mohon pncerahanya

    ReplyDelete
  33. Jadi kita bayar pajaknya itu ke pihak ekspedisi di Indonesianya itu ya? kalau diantar berarti kita setor pajaknya ke pak kurir yg datang kerumah kita dan kalau diambil ke kantor ekspedisi kita bayar pajaknya ya dikantornya itu ya gan bukan bayar di kantor BC kan?

    ReplyDelete
  34. Trit keren gan..bermanfaat banget nih bwt ane yg baru nyoba2 blajar beli barang di LN.
    Kmaren baru nyoba2 sih beli printilan HP di AE harga $12 pake free shipping tinggal nunggu barang dateng & mudah2an lancar sampe indo. Semoga ga dipersulit biar ga kapok beli barang lagi di LN..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Updatenih gan... barang yg ane beli dari AE udeh nyampe jarak dari order sampe barang tiba di rumah 16 hari pake free shipping & barang dianter sampe rumah ane tanpa ada biaya tambahan dari pak pos.. mantab nih jadi ga ragu bwt jadi bisnis jual beli barang dari AE..

      Delete
  35. untuk barang yg gratis kirim,kalau pesan hp yang harganya 100$ perkiraan total berapa $ yg harus saya bayar?

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Kalau kita mau beli hape seharga 109 usd, kenapa pajak berapa ya gan

    ReplyDelete
  38. Dulu sekitar tahun 2015 saya beli hp Homtom HT6 di AliExpres harga $ 128 pake free shiping. Agak lama juga sih, 28 hari baru nyampe barangnya. Tapi mudah kok, barang bisa ditracking lewat web, dan status tracking terakhir biasanya jumlah pajaknya akan muncul. Waktu itu saya kena pajak 97.000, dibayar ke pakpos yang nganter barangnya dirumah. Dan tahun ini ane tergoda lagi buat beli hp OUKITEL K10.000 PRO di aliexpress lagi, hehehe.

    ReplyDelete
  39. Ppnbm untuk handphone smartphone udah berlaku belum sih? Kalau udah berapa persen?

    ReplyDelete
  40. gan saya mau nanya, ini kan saya lagi pesan jaket di aliexpress dengan harga $7.67 free shipping. jika barang sampai rumah apakah saya akan dikenakan biaya tambahan? terima kasih

    ReplyDelete
  41. Tanya min, kalau harga hp tertera 100usd sd. 105usd/ piece dan min order bisa 1 piece, sedangkan harga di indo jenis hp ini masih mahal min, kira2 menipu gak min? Link dimari https://app.alibaba.com/dynamiclink?touchId=60670203817&type=product&schema=enalibaba%3A%2F%2Fdetail%3Fid%3D60670203817%26ck%3Dshare_detail&ck=share_detail&shareScene=buyer

    ReplyDelete
  42. Berbagi pengalaman dong gan. Kalo order di aliexpress harga hp 56.99$ pake Free shipping, kena pajak ga gan?
    Kalau pembayaran bukan debit/kredit, ane pake pembayaran lainnya, tar kita lewat mana ya cara bayar nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake paypall paling gampang gan.. tp tetep pakai debit/credit card sih, tp paypall sebagai penjamin pihak ke-3 antara seller dan buyer

      Delete
  43. Dibawah 100usd harusnya tidak kena pajak, pembayaran lain bisa lewat doku wallet, doku wallet bisa diisi atau dibayar via atm atau bisa lewat alfamart

    ReplyDelete
  44. Bea masuk itu yang dulu 7ribu terus jadi 8000 terus sekarang jadi 20ribu ya?

    ReplyDelete
  45. Gan gimana kalau kita beli hp bekas yg harganya jauh di di harga baru . Misal beli hp harga 4 jt bekas , tapi harga baru 8 juta
    . Apa bea cukai mengganggap harga baramg itu 8 juta walaupun bekas , atau melihat invoice yg ternyata bekas dan hargan cmn 4 juta

    ReplyDelete
  46. gan, mau tanya ni....
    saya beli di Aliexpress HP MEizu Pro 7 dengan harga $ 379.31 AliExpress Standard Shipping (free)

    perhitungan bea cukainya gimana ya gan ? saya tidak punya NPWP

    bisa bantu gan ??


    ReplyDelete
  47. ane beli dari Aliexpress yang di bawah $100, langsung sampe dari pos tanpa ada biaya tambahan. masalahnya lagi nunggu yg di atas $100 , msh ketahan di BC. dh seminggu. gimana cara tracking nya ya gan? karena di AE tracking infonya held by custom

    ReplyDelete
  48. makasih min sudah share pengalamannya ini berharga sekali...
    solder infrared

    ReplyDelete
  49. Gan mohon bantu perhitungan dong :( ane masih kurang paham, ane beli hp $207.11 pake expedited shipping $12.40 itu akan kena pajaknya berapa ya?

    ReplyDelete
  50. Kalau beli kosmetik bisa lokos ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kosmetik dan obat2an pasti ditahan. harus ada izin dr bpom, repotlah ngurusnya klo buat pribadi / peragang kecil

      Delete
  51. Barusdn saya confirmasi ke dhl. Ppn 10% pph 7% jika ada npwp, 10% bea cukai,,, dan betul harga yg kita beli blm tentu sama dgn yg dhitung beacukai atau pembanding, menurut saya bukti pembayaran at,dan invoice minta tolong dilampirkan sama penjual agar bra tidak "jauh" banget harga nya buat menentukan pembanding harga beli

    ReplyDelete
  52. Barusdn saya confirmasi ke dhl. Ppn 10% pph 7% jika ada npwp, 10% bea cukai,,, dan betul harga yg kita beli blm tentu sama dgn yg dhitung beacukai atau pembanding, menurut saya bukti pembayaran at,dan invoice minta tolong dilampirkan sama penjual agar bra tidak "jauh" banget harga nya buat menentukan pembanding harga beli

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Gan mau nanya nih.apa kalo kita belanja HP dari China (aliexpress, dll) itu bisa dipake di Indonesia ? dalam hal ini yg sy maksud adalah Sim Card nya. soalnya saya juga punya niatan beli hp dari china gan. makasi gan.

    ReplyDelete
  55. waduh,, berarti kalau pakai ongkir malah makin tinggi pajaknya.
    pengalaman 2x beli barang di ebay (Smart Watch(700rb an)& Sepatu Dickies (800rb an)pengiriman free shipping cuma bayar 20rb/item setelah sampai rumah.
    Dan tanggal 27 des 2017 saya beli HP di GearBest seharga $160 (harga barang+ongkir DHL) boleh tau berapa perhitungan pajaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin 800 ribuan. Kalau kurang ya ok.

      Delete
    2. Tepat Sekali gan biaya yang harus saya bayarkan sekitar 1jt dengan asumsi cukai 800rb dan biaya DHL 200rb.
      Harga Cukai yg dibayarkan separuh dari harga barang yg di beli.
      Parah sekali hahah.. Kapok dah sekarang beli di luar, :D

      Delete
    3. perhitungannya tahun ini kenapa lebih mahal y?
      saya beli brng 323 dollar masa kena cukainya 1.7jt
      klu di hitung pakai cara tadi g sampai segitu dan ada lagi biaya bea cukai 10%

      Delete
  56. Kalo misalkan beli hp, itu bisa di Pake di indo ga? Sinyal ada kah?

    ReplyDelete
  57. Saya barusan ini lagi komplai terkait pehitungan nilai PPH Impor yang notabene hanya ada 2 pilihan, jika tidak 7,5% (NPWP) atau 15% (Non NPWP) tapi didetail perhitungan saya sampai 20% dan yang parah pajak bea masuk dihitung 10% padahal kan seharusnya 0% karena Handphone bisa cek sini http://btki2017.com/btki-2017-search-detail-hs-8517.70.21-btki-2017.html.

    Handphone harga 2,2 jt pajak cukai 800 lebih, kan parah itu,,,,

    ReplyDelete
  58. Jadi ragu ni mau ambil hp dari LN.. harganya gak mahal" amat 300$ tp kalo d tambah pajak mending ambil d sini aja.. emang lebih mahal setelh pajak.. tp gak perlu tunggu lama..!!

    ReplyDelete
  59. Gan saya mau tanya. Saya beli hp via online aliexpres dengan harga $163.39 dan di web free ongkir pengiriman via aliexpres standart shipping
    Apakah nntinya saya kena pajak bea cukai soalnya saya tidak tahu menau soal pajak ...
    Di tunggu balasannya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya share pengalaman donk buat yang pernah beli hape dialdi aliexpress itu perhitungan pajaknya gmn dan caranya bagaimana

      Delete
  60. Mau Tanya gan, Kita jalan" ke luar negri lalu Kita beli hp Dan langsung Kita Pakai trs pas pulang balik ke Indonesia apa hp itu di kenakan pajak Bea masuk? Mohon jawabannya ya thanks

    ReplyDelete
  61. Maaf gan numpang tanya kalau saya belanja online seharga 850ribu plus itu sudah termasuk ongkos kirim, apa kena pajak atau gratis masuk alias tidak terkena pajak masuk..sblm nya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  62. Ane beli hp $143 dr aliexp, sebulan lebih sekitar 6 mgg br dtg, pake freeonk, clearance di BC 2 minggu lebih. Tax 572rb onkir kantor pos 20rb. Tp pas sampe rumah ditagih cuma 20rb, mungkin pak posnya lupa 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntung bnr ente bos.. ane kmrin bli hp dgearbesthrga 2.8 dtmbh ongkir jd total 3jtn.. kirain pajaknya cm skitar 600 sesuai dengan yg dterangkn blog ini,, eh g tauny nympe indo kena pajak 1.3jtn,, gila g tuh pajakny skrg ud mo 50% dr hrga brgny.. mn bru prtma kali bli dr luarnegeri lg,, jd kapok bli dr luar lg hahaha

      Delete
  63. Dulu saya pernah dapet kiriman elektronik kenapa dari BEA Cukai bertanya sampai punya surat ijin telekomunikasi ya ? soalnya mo order HP , takut ga bisa keluar dari cukai

    ReplyDelete
  64. Mind ane pemula di AE, ni rencana mau ambil frame sepeda downhill di AE, senilai $287 atau sekitar Rp.4.133.087,00
    Shipping $41,74 [Rp. 601.097,74]
    Via China post air parsel.

    Pertanyaan saya adl, kira2 berapakah pajak yg harus saya bayar? Terkait peraturan baru nilai barang jg sangat murah di banding beli di indo.
    Di tunggu bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keterangan tambahan, saya jg ada NPWP. mohon bantu ya om?

      Delete
    2. Keterangan tambahan, saya jg ada NPWP. mohon bantu ya om?

      Delete
  65. Saya kawatirnya taksiran harganya di ataas harga barang om.. Makasih

    ReplyDelete
  66. thx mas infonya sangat membantu dan bermanfaat...soale ada rencana se mo order hp dr LN.

    ReplyDelete
  67. Gan mau tanya kalo misalkan saya beli barang sparepart motor contohnya spion harganya 49.99 dolar nah pake free shipping itu kena pajak gak?

    ReplyDelete
  68. Gan. saya rencana mau beli handphoena, merek ulefone power 5. Dengan harga. US $ 298.38 Jika di rupiahkan Rp. 4.308.308. Kira kira berapa biaya bea cukai/pajaknya ya. Mohon pencerahan nya. Soalnya pertama kali mau order barang luar

    ReplyDelete
  69. Saya mau tanya sedikit aja sih gan, pasal berapa dalam undang2 apa gan jika bea, pajak kok bisa terapkan tarif begitu....batasnya apa iya di angka $50

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan sudah saya coba update menggunakan peraturan yang terbaru gan, yaitu PMK 112/OMK.04/2018, monggo dicek.

      Delete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Sewaktu saya terima paket dari suami, bebas pajak msh diangka $100. Tapi klu lebih dari 100, semuanya hrus dibayar, seperti 2 bulan lalu paket sy $500an. Dr bea cukai memperkirakan brg seharga $940. Akhirnya sy komplain dan ngasih bukti2 pembelian. Disetujui sih, tapi ada biaya tambahan yg g jelas Rp. 650.000 diluar handling fee dll. Jd total sy byr Rp.2.590.000.Jd klu di atas $100 ga dikurang 100 dulu. Tapi dibayar semua. Beda wkt batasnya $50. Memang dikurang dulu baru sisa dbayar. Oktober nanti berubah lg kayaknya jd $75. Tapi dgn ketentuan dikurang dulu 75 bru byr sisa. Itupun klu paketnya dibuat terpisah ya. Jd klu kita buat dlm sehari 2 paket, yg pertama misal $65 dan paket satunya $125, yg free $65dolarnya. Yg $125 hrus byr di kalikan dgn 27,5% klu ada npwp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sharingnya, postingan sudah saya coba update menggunakan peraturan yang terbaru, yaitu PMK 112/OMK.04/2018.

      Delete
  72. Mau tny, saya kan berencana mau beli motherboard laptop macbook i7. Klo diluar, semisal aliexpress, harganya jauh lebih murah dibandingkan toko lokal di indo. Yaitu sekitar berkisar $ 280 - $350. Kira-kira, ni barang, kena pajak gak ya ?

    Mengingat ini barang spare part & kondisinya baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dihitung gan, untuk contohnya sudah saya coba sesuaikan dengan peraturan yang terbaru.

      Delete
  73. Gan ...kalo urus bayar pajak nya di mana yah gan ...di daerah(kota alamat tertera) apa d pusat(jakarta) ...mengingat saya d karawang ...dan belum punya pengalaman...mohon bantusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di daerah biasanya ke pos indonesia nya gan, tapi kalo ada kantor Bea dan Cukai juga tidak menutup kemungkinan di kantor Bea dan Cukai. Namun bisa dipastikan lagi gan ke bea dan cukai atau kantor pos di tempat agan.

      Delete
  74. Om kalau punya NPWP simulasi perhitungan nya jadi gimana tuh? thanks

    ReplyDelete
  75. jadi kalau order hp di aliexpress itu hp bukan termasuk barang black market?? tolong pencerahannya mas makasih...

    ReplyDelete